Maaf.. Artikel ini dibuat khusus untuk pembaca Blog ini. Jika anda ingin memposting ulang tentang topik yang sama, silahkan ditulis dengan Bahasa dan Narasi sendiri. Terima kasih..

Cara Lengkap Membuat Garis Pedoman Denah dengan Benang pada Papan Bowplank Rumah dan Gedung - Tahap 2




Artikel ini merupakan Lanjutan dari Artikel sebelumnya yaitu Cara dan Metode Memasang Kayu dan Papan Bowplank agar Denah Bangunan Rumah dan Gedung menjadi Siku - Tahap 1. Anda bisa membaca Artikel Tahap 1 tersebut sebelum melanjutkan membaca Artikel Tahap 2 ini.

Setelah Pekerjaan Pemasangan Patok Kayu dan Papan Bowplank seperti terlihat pada Artikel Tahap 1 selesai, maka hasilnya menjadi seperti Gambar dibawah ini.



Tahapan Membuat Garis Denah dengan Benang pada Bowplank :

(Yaitu berupa Benang Acuan untuk Denah Pondasi, Denah Kolom, dan Denah Dinding)

1. Menentukan Sisi Acuan dari 4 Sisi Papan Bowplank / Gambar Denah yang ada.
Misalnya Sisi Acuan ditentukan seperti Gambar dibawah ini.

2. Memasang Benang Acuan (Pertama) dengan menggunakan Paku pada Permukakaan Atas Papan Bowplank, yang Sejajar dengan Sisi Acuan (misalnya berjarak 150 cm). Seperti yang terlihat pada Gambar dibawah ini.



3. Memasang Benang Acuan (Kedua). Pangkal Benang ini dipasang pada Paku yang telah ditanam pada Permukaan Atas Papan Bowplank (yang berjarak 150 cm juga dari Sudut Papan Bowplank).

Lalu mengatur Posisi Benang Acuan pada bagian Ujung, dengan cara menggeser-nya ke Kanan atau ke Kiri, sehingga membentuk Sudut 90реж dengan Benang Acuan (Pertama). Seperti Gambar dibawah ini.



Sebagai Pedoman untuk menggeser Benang Acuan pada bagian Ujung ini, bisa menggunakan 2 Cara, yaitu :

a. Menggunakan Rumus Segitiga Siku (Rumus Pythagoras) dan bantuan Benang Simpul (yang bisa digeser untuk Koreksi).

Pada Benang Acuan Pertama, Benang Simpul diletakkan pada posisi 300 cm dari Titik Temu, dan pada Benang Acuan Kedua, Benang Simpul diletakkan pada posisi 400 cm dari Titik Temu. Jika Jarak antar Kedua Benang Simpul adalah 500 cm, berarti Benang Acuan Pertama kondisinya telah Siku terhadap Benang Acuan Kedua.
Catatan :
Lakukan Pekerjaan ini dengan Akurat, agar terbentuk Sudut Siku yang presisi. Posisi Benang Simpul bisa menggunakan Ukuran lain, selama Ketiga Ukuran tersebut masih sesuai dengan Rumus Pythagoras.

Selalu lakukan Pengukuran Ulang pada bentang 300 cm dan 400 cm dari Titik Temu, setiap setelah selesai melakukan Pergeseran pada Benang Acuan Kedua. Lalu lanjutkan dengan pengukuran Bentang 500 cm.


b. Menggunakan bantuan Tripleks (minimal tebal 8 mm), dengan memanfaatkan 2 Sisi Siku-nya sebagai Panduan bagi Benang Acuan (Pertama) dan Benang Acuan (Kedua), seperti Gambar dibawah ini.


Catatan :
Posisi Tripleks ini harus dibuat serata mungkin, dan berada pada Ketinggian yang Sama dengan Benang Acuan (Pertama) dan (Kedua). Buat dan gunakan Meja Sementara untuk dudukan Tripleks ini.


c. Menggunakan
bantuan Alat Ukur, yaitu Theodolit. Caranya akan saya paparkan pada Tulisan berikutnya. Bisa dilihat DISINI..

Setelah Benang Acuan Kedua selesai dipasang, dengan Kondisi yang Benar-benar Siku terhadap Benang Acuan Pertama, maka hasilnya seperti Gambar dibawah ini.



4. Memasang Benang Acuan lainnya
Dengan berpedoman pada Benang Acuan Pertama dan Benang Acuan Kedua diatas, dapat ditentukan Semua Benang Acuan lainnya.

Lakukan Pengukuran pada Papan Bowplank, dimulai dari Benang Acuan Pertama dan Benang Acuan Kedua, sesuai dengan Ukuran yang tertera pada Denah Pondasi, Denah Kolom, dan Denah Dinding. Pasang Paku pada semua Data Hasil Ukur tersebut, agar nanti bisa dipasang Benang Acuan juga.

Hasilnya bisa dilihat seperti Gambar dibawah ini.



5. Selesai.. Selanjutnya bisa dilanjutkan dengan Pekerjaan Galian Tanah Pondasi.

Untuk mengetahui Proses Pemasangan Patok Kayu dan Papan Bowplank - Tahap 1, bisa dilihat DISINI..


Semoga Artikel ini berguna, silahkan Share..
Untuk terus mengikuti Update Artikel pada Blog ini, silahkan klik tombol Like pada Facebook Page kami dibawah ini. Terima kasih..


Share Artikel :

Facebook Page :



Komentar :

CARI DISINI

FACEBOOK


TERBARU